Perubahan

Baca info terbaru Perubahan yang bisa menjadi pilihan kalian dalam memilih beragam sajian mengenai berbagai berita dan update informasi yang tepat saat ini, seperti yang sudah aku sajikan pada tulisan dengan judul Perubahan dalam kategori kalian bisa melihat lengkap dibawah ini.
Sumber: http://www.goalsandachievements.co.uk/wp-content/uploads/2014/03/change.png

Terkadang, perubahan membutuhkan suatu hal untuk dikorbankan. entah itu waktu, tenaga, bahkan nyawa. Rasulullah pun dalam mendakwahkan ajara Islam harus berkorban, rela disakiti, rela dihina, rela menahan rasa sedih kehilangan orang-orang terkasih, dan sederet penderitaan lainnya.

Lain lagi dengan generasi selanjutnya, Umar bin Abdul Aziz, sang khalifah yang adil dari bani Umayyah telah merasakan kepedihan dan tantangan dari keluarganya sendiri, bahkan keluarganya sendiri lah yang menginginkan kematiannya. 

Tak semua perubahan itu diharapkan. Beralihnya pemerintahan Islam dari Khalifah yang dipilih berdasarkan musyawarah berubah menjadi khalifah yang menggunakan sistem mornarki juga menjadi salah satu contohnya. betapa banyak kisah pilu yang terjadi dalam proses tersebut. Meminta korban nyawa, memunculkan kezaliman penguasa, keangkuhan orang-orang elit, bahkan meskipun pada beberapa bagiannya muncul sinar cahaya yang sangat menerangi kehidupan yang waktu itu gelap dipenuhi maksiat dan kezaliman.

Perubahan di era modern ini dapat kita bedakan dalam dua hal, perubahan yang baik dan perubahan yang buruk, walau baik dan buruk relatif tergantung perspektif yang subjektif, tetapi kita memiliki banyak kesepakatan yang pasti tentang baik dan buruk. Perubahan yang baik itu seperti semakin banyaknya sekolah, semakin mudahnya pendidikan, dan pemimpin yang adil. Perubahan yang buruk itu kita juga tahu, seperti meningkatnya korupsi, meningkatnya kasus kejahatan, semakin banyaknya maksiat, dan lain-lain.

Siapakah pelaku perubahan itu? Siapa saja yang mau melakukan perubahan maka dialah sang pelaku perubahan. Walau perubahan yang dilakukannya sebatas pada dirinya sendiri, tetapi perubahan itu pasti akan berdampak walau hanya pada dirinya sendiri, hal yang minimal terjadi.

Dimana perubahan itu terjadi? tentu kita tahu bahwa perubahan terjadi dimana-mana, sebagaimana keberadaan Allah yang ada dimana-mana, tetapi menyangkut letak perubahan pada tangan manusia, maka perubahan terjadi di tangan manusia yang berwenang. Bila pelaku perubahan itu adalah personal manusia biasa, maka perubahan yang terjadi adalah disekitar personal tersebut, bila dilakukan oleh pemimpin negara, maka yang menjadi tempat perubahan yang terjadi adalah seluruh bagian negara, kadang juga bisa mencapai luar daerahnya bila ia menjadi percontohan.

Perubahan itu menginginkan korban, menginginkan pelaku, dan menginginkan tempat, dan mungkin masih ada lagi hal-hal yang diperlukan oleh perubahan untuk dapat berfungsi sebagaimana maksud kata kerja itu. Penting? ya sangat penting, bila perubahan memiliki tujuan yang baik, itu akan mulia. bila itu perubahan yang didasari Iman, dan Ilmu yang benar, maka tak ragu lagi perubahan itu wajib didukung. Bila perubahan itu terlaksana oleh seorang yang besar pengaruhnya, maka apapun hasilnya baik buruknya akan berdampak sangat besar, maka serius dan berhati-hatilah dengan perubahan.

Salam Perubahan

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top