Kebanggaan

Baca info terbaru Kebanggaan yang bisa menjadi pilihan kalian dalam memilih beragam sajian mengenai berbagai berita dan update informasi yang tepat saat ini, seperti yang sudah aku sajikan pada tulisan dengan judul Kebanggaan dalam kategori kalian bisa melihat lengkap dibawah ini.
“sebaik-baik manusia di hadapan Allah adalah yang paling bertakwa”, mungkin kalimat itu tidaklah asing dalam hidup kita. Kesalehan yang akan ditunjukkan dengan hati yang bersih dan perbuatan yang baik. dan ketika kita berpikir tentang baik, maka pengejawantahannya akan luas sekali.
Sebagian dari kita ada yang tak memperhatikan dengan seksama pentingnya berbuat kebaikan di dunia ini. mereka merasa bangga, terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak ada faedahnya bagi kehidupannya. Melainkan hanya sebagai pemuas nafsu dan keinginan semu belaka. Ibarat mengalami halusinasi, mereka tak lagi mengerti esensi dan kebermaknaan untuk hidup yang lebih bermanfaat.
                Kebanggaan semu itu misalnya ketika kelulusan dengan corat-coret baju ketika lulus. Bagi mereka, ada rasa puas tersendiri ketika melakukan hal itu. Itu berbeda dengan para seniman yang membuat suatu karya, yang juga untuk memenuhi rasa kepuasan. Seniman itu produktif, indah, menghasilkan, dan kadang bermanfaat bagi manusia lain, tetapi corat-coret baju ketika lulus sekolah? “Tengoklah ke bawah”, maka kita mengerti mereka yang ingin sekolah tapi tak kesampaian itu menangis dan heran melihat perilaku itu.
                Kebanggaan semu lainnya seperti ketika menjadi suporter sepak bola. Yang kita lihat ada yang menonjol pada suporter kita yang terdiri dari anak muda labil, mereka berbuat anarkis, berbuat keras, dan mengejek padahal alasannya tidak begitu logis, tapi emosional.
                Salah paham memaknai kebanggaan itu, seperti yang dicontohkan, kebanyakan dialami oleh anak muda. Remaja memang masih labil, sehingga butuh pengarahan supaya tidak salah arah dalam melangkah. Beri mereka waktu untuk berpikir, bila mereka masih dapat untuk berpikir.
Kebanggaan itu semestinya datang dari perbuatan kita. Rasa bangga bukan karena seolah kita paling hebat, bukan. Tetapi rasa bangga karena dapat menjadi bagian manusia yang menegakkan kebaikan dan kebenaran. Ketika kita melihat adik kita tidak sembarangan membuang sampah, kita akhirnya tahu bahwa adik kita mengerti betul pentingnya menjaga lingkungan. Keluarga agaknya berhasil dalam menanamkan sebuah prinsip penting, tentang menjaga lingkungan.

Bangga lagi ketika kita memiliki kesadaran untuk berbagi, baik ketika susah maupun ketika senang. Baik ketika menjadi orang biasa maupun menjadi orang yang sangat dihormati. Jadi, kebanggaan itu penting dalam menumbuhkan kebaikan dan menebar keselamatan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top