Sukses Sebelum Sarjana (3S)‎

Baca info terbaru Sukses Sebelum Sarjana (3S)‎ yang bisa menjadi pilihan kalian dalam memilih beragam sajian mengenai berbagai berita dan update informasi yang tepat saat ini, seperti yang sudah aku sajikan pada tulisan dengan judul Sukses Sebelum Sarjana (3S)‎ dalam kategori kalian bisa melihat lengkap dibawah ini.
Dalam sebuah tulisannya, Rhenald Kasali menyampaikan bahwa melancong/bepergian adalah semacam hal yang harus dilakoni mahasiswa. Bukan hanya untuk menambah pengetahuan, tetapi juga menambah pengalaman dan menapaki kesuksesan. Ia bercerita tentang mahasiswa yang hobi melancong itu menjadi sudah sukses dulu, padahal teman-temannya yang juga fresh graduate masih harus mencari kerja.
Dari artikelnya, pikiranku menyambung ke apa yang aku lakoni sekarang ini. meski masih belum dapat dibilang berjalan, tetapi langkah yang aku pilih termasuk langkah yang sama, yakni meraih kesuksesan lebih dahulu dibanding teman-teman biasa yang baru lulus harus mencari kerja.
Usaha yang aku jalani adalah menghidupkan Bank Bersih (Clean Bank), atau biasa orang kenal dengan nama Bank Sampah (Waste Bank). Sebagai mahasiswa, aku paham sekali bahwa akan banyak tantangan yang harus aku jalani. Aku harus pandai membagi waktu yang kumiliki. Menyisihkan sebagian tenaga dan memeras pikiran. Pengurus-pengurus yang aku rekrut pun sama, mereka masih mahasiswa yang juga punya tugas untuk kuliah dari orang tua. Tetapi dari mereka rupanya juga punya kegemaran mengikuti kegiatan selain kuliah saja.

                Andai usaha ini benar-benar jalan, dan mampu memberi pencerahan terhadap siapapun yang punya kepedulian terhadap lingkungan, mulai dari masyarakat, mahasiswa hingga rektor dan pemkot khususnya BLH Semarang, maka ini bisa menjadi pembelajaran sekaligus pembuktian bahwa aku menapaki kesuksesan yang diwacanakan itu. Aku pun sering menjelaskan bahwa dengan ini teman-teman pengurus dapat belajar bagaimana membangun usaha ini dari awal, belajar berorganisasi. Dan tentu tujuan kita tetaplah mewujudkan lingkungan yang layak bagi masyarakat, anak cucu kita, dan juga kelestarian alam.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top