Musholla dan Isinya

Baca info terbaru Musholla dan Isinya yang bisa menjadi pilihan kalian dalam memilih beragam sajian mengenai berbagai berita dan update informasi yang tepat saat ini, seperti yang sudah aku sajikan pada tulisan dengan judul Musholla dan Isinya dalam kategori kalian bisa melihat lengkap dibawah ini.
Di pedesaan, keadaan musholla terasa kian memperihatinkan, tidak terkecuali masjid di sini. aku masih ingat dulu, sewaktu aku masih sekolah di MA, waktu itu aku sering pergi ke desa klapa gading, kecamatan wangon, pada waktu sudah ashar. diwaktu itu aku sering sekali mampir, ke Musholla di salah satu ujung desa, untuk mengikuti Jama'ah sholat ashar. dan selalu saja, yang berjama'ah disitu hanya dua orang, imam dan istrinya. sungguh memperihatinkan, betapa tampak jauhnya warga disekitar itu dari perhatiannya untuk mendekatkan diri kepada Allah, wajar saja bila kualitas umat terutama agamanya tidak kunjung meningkat. anak-anak bergaul dengan siapa saja tanpa memperhitungkan baik buruk akibatnya.
Kini manusia semakin banyak. yang lahir lebih banyak daripada yang mati. tetapi masjid musholla semakin sepi. ada apa ini? bukankah mereka rela pergi jauh untuk sesuatu yang sifatnya menyenangkan, seremoni, atau sekadar bela sungkawa, tetapi kenapa tiap hari saja lima waktu yang sudah diwajibkan mereka merasa berat, padahal bukankah Muhammad SAW membawa sesuatu perintah yang ringan, dan mudah?

Dari menjalankan kefardhuan yang pokok ini, umat bisa belajar tentang kedisiplinan, tepat waktu, dan keikhlasan karena Allah. di masjid atau musholla orang tidak akan mendapatkan uang, tidak akan menemui sesuatu yang menghasilkan yang menyenangkan kesenangan duniawi, tetapi disinilah kita belajar untuk tulus, hanya mengharapkan pahala dan keridhoan dari Allah semata. untuk manfaat lainnya itu adalah bonus! bonus yang luar biasa, gaji yang menyenangkan berupa surga sudah Allah janjikan. kita untung pasti, asalkan beribadah dengan benar dan ikhlas. kenapa tidak.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top